Cara Membuat Plastik Segitiga untuk Kue

Dalam proses pembuatan sebuah kue membutuhkan berbagai macam alat. Dari alat yang sederhana dan mudah didapatkan hingga alat yang mahal dan kompleks. Salah satu alat yang sering digunakan untuk pembuatan kue adalah plastik segitiga yang biasanya di padu padankan dengan alat bernama spuit untuk moncongnya. Kenapa disebut plastik segitiga? Karena untuk orang awang yang baru belajar membuat kue akan lebih mengenal sebuah alat dari bentuknya dan dari perkataan orang lain. Karena memang bentuk alat ini berbentuk segitiga dan kebanyakan orang menyebutnya paltik segitiga.

Dengan adanya plastik segitiga ini akan sangat membantu para pembuat kue sebagai tampungan adonan yang nantinya bisa digunakan untuk menghias kue agar lebih menarik. Baik itu kue basah maupun kue kering. Dari produksi kue perorangan hingga produksi kue massal (deperjual belikan).

Yuuk lanjut ke pembahasan kita kali ini mengenai cara membuat plastik segitiga untuk kue. Dalam prose pembuatan plastik segitiga ini bisa dilakukan dengan bahan yang mudah didapatkan dan tentunya mudah dipraktekkan. Oh ya..sebenarnya alat yang satu ini sudah ada dan dijual diberbagai toko , khusunya toko tataboga. Cukup pergi ke toko perlengkapan kue , maka kita akan dengan mudah menemukan alat yang satu ini. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba membuat plastik segitiga ini dengan kreasi sendiri sebelum membelinya.

Untuk membuat plastik segitiga, kita membutuhkan beberapa alat , diantaranya :

- Plastik Bening  (Plastic Bag)/ Plastik kantong bening bekas
- Gunting/ Cutter

Jika bahan dan alat sudah tersedian. Kini saatnya kita membuat plastik segitiga kreasi kita sendiri.

Membuat plastik segitiga kue dengan plastic bag / plastik kantong bening bekas

Pertama, ambil plastik kantong bening bekas yang sudah tidak dipakai, contoh : wadah bekas makanan, wadah bekas kantong belanjaan yang bening, dll. Kenapa menggunakan kantong plastik ? Supaya kita tidak perlu harus melipat plastik. Sehingga lebih efisien dan juga lebih cepat dalam proses pembuatannya.

kantong plastik bekas
Kantong bekas 
Selanjutnya, potong pada salah satu bagian pojok kantong plastik dengan menggunakan gunting hingga berlubang sebesar lubang spuit. Nantinya lubang yang kita buat ini akan berfungsi sebagai tempat masuk aksesoris tambahan berupa spuit.

gunting kantong plastik
Gunting pada pojok kantong plastik

lobang tempat spuit kue
Potong seukuran spuit

Setekah dipotong, saatnya kini kita tambahkan aksesoris berupa spuit sebagai ujung tombaknya. Untuk jenis spuitnya terserah sesuai selera masing - masing. Masukkan sputi melalui bagian dalam kantong plastik - kemudian tekan sedikit keluar lobang kantong plastik yang telah kita buat tadi. Lihat gambar di bawah ini.

spuit dan palstik segitiga
Masukkan spuit

Tekan spuit
Takan spuit keluar melalui lobang 

Yee. akhirnya sudah jadi. Kini saatnya kita mencoba mempraktekkan menghias kue dengan plastik segitiga yang telah kita buat dan kita kombinasikan dengan spuit. Caranya yakni cukup masukkan adonan sebagai penghias kue ke dalam kantong plastik. Kemudian tekan hingga adonan berkumpul di pojok kantong dekat yang telah ditambah kombinasi spuit tadi. Untuk menghias kue, cukup tekan sedikit demi sedikit sesuai selera dan kebutuhan.


hasil jadi menghias kue
Menghias kue 

Gimana, mudah bukan, hanya cukup dengan kantong plastik bekas saja, maka plastik segitiga kue sederhana hasil kreasi kita sudah berhasil dibuat.  Untuk selanjutnya, ada tambahan mengenai pembuatan segitiga plastik dengan media paper bag.


Membuat plastik segitiga kue dengan paper bag

Untuk tutorial kedua disini kita contohkan menggunakan Paper Bag. Cara yang kedua ini mirip dengan cara yang pertama, bedanya hanya pada bahan dan banyaknya lipatannya yang kita butuhkan. Untuk caranya adalah sebagai berikut.

1. Letakkan paper bag di atas meja. Kemudian buka dan bentuk hampir mirip persegi dengan cara melipatnya ke salah satu sudut.

paper bag untuk membentuk plastik segitiga kue
Paper bag
lipat paper bag
Lipat paper bagi ke salah satu sisi
2. Ambil cutter/ pisau untuk memotong bagian yang sudah dilipat tadi, Agar potonga rapi, tekan tekan dulu pada bagian lipatan.

memotong paper bag
Potong paper bag dengan cutter atau pisau

3. Jika sudah, maka kita akan mendapatkan sebuah bentuk mirip segitiga dimana alas segitiga memiliki panjang yang lebih dibanding bagian ke dua sisi segitiga. Bentuknya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

paper bag bentuk segitiga
Berbentuk mirip segitiga

4. Selanjutnya gulung salah satu sudut ke bagian atas segitiga. Gulungan membentuk seperti corong (kerucut). Gunakan dua tangan agar lebih mudah dalam menggulungnya.

Gulung dengan tangan
Gulung paper bagi ke bagian atas segitiga

paper bag digulung
Hasil gulungan pertama

5. Lakukan hal yang sama pada bagian sudut yang lain dengan cara menggulungnya di bagian luar gulungan yang pertama tadi hingga membentuk kerucut seperti bentuk yang pertama tadi.

Gulung sisi lain paper bag
Gulung sisi lainnya

paper bag gulungan kedua
Gulungan hampir sempurna
gulung dengan sempurna
Gulungan sempurna
Note : Sisa pada bagian atas, bisa dilipat lagi hingga kencang dan sejajar dengan yang lainnya. Lipatan ini juga berfungsi untuk memperkuat plastik segitiga.

6. Terakhir potong pada bagian pucuk kerucut dengan menggunakan gunting/ cutter. Bagian ini dipotong dengan maksud sebagai tempat untuk meletakkat spuit. Sehingga nantinya akan mudah untuk melakukan hiasan pada kue. Karena paper bag ini hanya berfungsi sebagai tempat adonan saja.

pemotongan pucuk paper bag
Potong pada bagian pojok (corong)
 7. Untuk mencobanya, kita tinggal tambahkan spuit dibagian pucuk sebagai alat keluarnya adonan penghias kue.

paper bag dan plastik segitiga
Menghiasi kue 

Heeeeemmm... mudah kan? Setelah mengikuti tutorial di atas semoga bisa menjadi bekal untuk membuat kreasi plastik segitiga dan membuat kreasi kreasi bermanfaat lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat Plastik Segitiga untuk Kue"

  1. Wiiih, sungguh sederhana dan bermanfaat. Terimakasih, saya suka artikelnya ...

    ReplyDelete